Berikan Edukasi Hidup Sehat, IDI Bintuni Gelar Penyuluhan Atasi Tekanan Darah Tinggi Dengan Pola Makan Sehat

Dokter Ahli Jantung RSUD Bintuni dr. Ervan Zuhri, Sp.JP, FIHA pada saat dirinya memberikan penyuluhan tentang cara mengatasi darah tinggi dihadapan pasien dan pengunjung di Poliklinik RSUD Bintuni.IP-IST
Bagikan berita ini

Views: 30

Berikan Edukasi Hidup Sehat, IDI Bintuni Gelar Penyuluhan Atasi Tekanan Darah Tinggi Dengan Pola Makan Sehat

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia 17 Mei yang diperingati setiap tahunnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Teluk Bintuni pada tanggal 17 Mei 2023 menggelar penyuluhan cara mengatasi tekanan darah tinggi dengan pola makan sehat.

Selain itu juga mengedukasi masyarakat lewat tulisan yang dibuat Dokter Ahli Jantung dan Pembuluh Daerah dr. Ervan Zuhri, Sp.JP, FIHA dari RSUD Bintuni.

Dengan tujuan untuk mengedukasi masyarat terkait cara mengatasi hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi dengan pola diet yang sehat.

Selain itu IDI Teluk Bintuni juga menggelar penyuluhan tentang penyakit jantung buat pasien dan pengunjung di Poliklinik RSUD Bintuni.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah atas (sistolik) ≥ 140 mmHg dan atau tekanan darah bawah (diastolic) ≥ 90 mmHg yang diukur saat kondisi istirahat (3-5 menit).

“Meskipun terkadang hipertensi tidak bergejala, hipertensi merupakan penyakit berbahaya karena merupakan penyebab utama stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

Selain dengan obat-obatan, hipertensi dapat diatasi dan dicegah dengan pola makan yang sehat.  Pola makan yang sehat untuk mengatasi hipertensi biasa disebut sebagai Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH),” ungkap Dokter Ahli Jantung dan Pembuluh Daerah dr. Ervan Zuhri, Sp.JP, FIHA selaku pembicara.

Pada saat dirinya memberikan penyuluhan dihadapan pasien pengunjung di Poliklinik RSUD Bintuni.

Dokter Ahli Jantung dan Pembuluh Darah itu juga menjelaskan, inti dari pola makan yang sehat untuk pasien hipertensi adalah makanan yang mengandung banyak kalium, kalsium, dan magnesium, serta makanan yang sedikit mengandung garam (pengawet atau penyedap rasa), lemak jenuh, dan kalori (gula).

“Berikut ini makanan yang dianjurkan untuk mengatasi dan mencegah hipertensi yaitu beras merah, roti yang terbuat dari gandum utuh (whole grain), atau sereal yang dapat dikonsumsi 6 sampai dengan 8 porsi sehari.

Satu porsi beras merah atau sereal matang sama dengan setengah cangkir, sedangkan satu porsi roti gandum sama dengan satu lembar roti,” paparnya.

Dokter ahli Jantung dr. Ervan Zuhri, Sp.JP juga menambahkan, sayuran yang dapat dikonsumsi 4 sampai dengan 5 porsi sehari. Satu porsi sayuran sama dengan satu cangkir sayuran mentah atau matang, sedangkan apabila dibuat jus, satu porsi sayuran sama dengan setengah cangkir jus sayuran. Jenis sayuran yang dikonsumsi boleh apa saja jika tidak terdapat penyakit lain, misalnya kadar asam urat yang tinggi.

“Kemudian buah-buahan yang dapat dikonsumsi 4 sampai dengan 5 porsi sehari. Satu porsi buah sama dengan satu buah ukuran sedang, misalnya 1 buah apel atau jeruk, atau jika dibuat jus sama dengan setengah cangkir jus tanpa gula. Jenis buah yang dikonsumsi boleh apa saja jika tidak terdapat penyakit lain, misalnya diabetes atau gagal ginjal kronik stadium lanjut.

Susu atau yoghurt rendah (bebas) lemak yang dapat dikonsumsi 2 sampai dengan 3 cangkir sehari.

Satu ons daging ayam atau sapi (tanpa lemak), satu ons ikan (tanpa garam), atau satu butir telur yang dapat dikonsumsi 1 (satu) kali sehari.

Kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan yang dapat dikonsumsi 4 sampai dengan 5 porsi seminggu. Satu porsi adalah 1/3 cangkir kacang, 2 sendok makan selai kacang, 2 sendok makan biji, atau 1/2 cangkir legum matang (kacang kering atau kacang polong),” tutur dr. Ervan Zuhri, Sp.JP.

Dokter ahli itu juga mengingatkan kepada semua pengujung RSUD Bintuni, pentingnya menghindari makanan yang berminyak dan berlemak.

“Lemak dan minyak yang boleh dikonsumsi adalah 2 sampai 3 porsi sehari. Satu porsi terdiri dari 1 sendok teh margarin lunak, 1 sendok teh minyak sayur, 1 sendok makan mayones, atau 2 sendok makan saus salad.

Kemudian juga menghindari makanan yang manis atau kadungan gula yang tinggi. Gula tambahan yang dianjurkan adalah ≤ 5 porsi dalam seminggu. Satu porsi adalah 1 sendok makan gula, jeli atau selai.

Serta menghindari makanan yang asin atau mengandung garam atau pengawet atau penyedap rasa. Konsumsi garam yang dianjurkan adalah ≤ 1 sendok teh per hari atau ≤ 2300 mg natrium.

Selain menjaga pola makan yang sehat, menjaga berat badan tetap ideal dengan berolahraga rutin juga merupakan hal yang penting dalam mengatasi dan mencegah hipertensi. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat, jogging, atau bersepeda. Dianjurkan olahraga 5-7 per minggu dengan durasi olahraga 30 menit per sesi,” papar dokter ahli itu mengakhiri persentasinya.

Adapun referensi materi dalam mengatasi darah tinggi dengan pola makan sehat oleh narasumber diambil dari berbagai sumber yaitu Williams B, Mancia G, Spiering W, et al. 2018 ESC/ESH guidelines for management of arterial hypertension. EHJ 2018; 39: 3021-104.

Unger T, Borghi C, Charchar F, et al. 2020 International society of hypertension global: Hypertension practice guidelines. Hypertension 2020; 75: 00-00.

Mayo Clinic Staff. (2021). DASH diet: Healthy eating to lower your blood pressure. Diakses pada 16 Mei 2023 dari https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/dash-diet/art-20048456.

Pelliccia A, Sharma S, Gati S, et al. 2020 ESC Guidelines on sports cardiology and exercise in patients with cardiovascular disease. EHJ 2021; 42: 17-96. (ahd-id)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *