KPU Teluk Bintuni Rekrut 1.960 Orang Petugas KPPS Yang Akan Dilantik Serentak 25 Januari 2024

Bagikan berita ini

Visits: 195

KPU Teluk Bintuni Rekrut 1.960 Orang Petugas KPPS Yang Akan Dilantik Serentak 25 Januari 2024

BINTUNI, InspirasiPapua.id- KPU Kabupaten Teluk Bintuni bekerja sama dengan penyelenggara Tingkat bawah yaitu Panitia Pemilihan Tingkat Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) merekrut sebanyak 1.960 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Petugas KPPS itu akan ditempatkan di 280 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan bertugas di TPS-TPS untuk melakukan pemungutan suara dan penghitungan surat suara pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden DPR RI, DPD, DPR Provinsi serta DPRD Kabupaten/kota di TPS pada pelaknsaan Pemilu Serentak tanggal 14 Februari 2024.

Perekrutan petugas KPPS merupakan kewenangan penuh PPS berdasarkan PKPU 8 tahun 2022 tentang badan adhoc.

“Petugas KPPS per TPS sebanyak 7 orang  dikalikan dengan jumlah 280 TPS yang ada maka totalnya sebanyak 1.960 orang petugas KPPS di Teluk Bintuni akan dilantik pada tanggal 25 Januari 2024 secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Perekrutan KPPS tidak melalui tes berdasarkan PKPU. Tetapi PPS merekrut bekas petugas Pemutahiran data Pemilih (Pantarlih)  yang sudah mememiliki pengalaman dalam melakukan pendataan di daerah tersebut.

Jumlah KPPS pada Pemilu kali ini memiliki jumlah yang banyak disebabkan adanya pemekaran TPS reguler.

Sebab batas maksimal per TPS adalah 300 orang pemilih. Dimana ada 5 jenis surat suara sehingga jumlah DPT per TPS  dikurangi dan TPS-TPS reguler dimekarkan menjadi beberapa TPS dimana jumlah DPT maksimal 300 orang per TPS.

Dimana jumlah TPS 300 orang DPT ini berlaku di seluruh Indonesia. Jadi petugas KPPS yang direkrut sudah  terpenuhi dan pelantikannya serentak di seluruh Indonesia sesuai jadwal KPU RI akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2024 yang dilantik KPU melalui PPD dan PPS,” ungkap Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara KPU Kabupaten Teluk Bintuni Deni Dorinus Airory belum lama ini.

Pada saat dirinya diwawancarai media ini di ruang kerjanya pada Kantor KPU Kabupaten Teluk Bintuni Tisai distrik Bintuni Timur.

Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara KPU Kabupaten Teluk Bintuni itu juga menjelaskan bahwa untuk pelantikan petugas KPPS itu KPU Teluk Bintuni akan melihat dengan memetakan wilayah sehingga petugas KPPS itu dikumpulkan dibeberapa titik-titik terdekat.

“Karena KPU tidak bisa mengumpulkan semua petugas KPPS untuk datang ke ibu kota kabupaten.

Kemudian KPU akan melakukan rapat pleno pemetaan dan tentukan titik pelantikan petugas KPPS tersebut.

Sedangkan pelantikan di Aula KPU Teluk Bintuni akan dilakukan kepada petugas KPPS yang ada di wilayah distrik Bintuni, Manimeri serta 2 wilayah distrik terjauh yaitu petugas KPPS distrik Moskona Timur dan Moskona Utara.

Setelah pelantikan petugas KPPS berdasarkan jadwal kita akan lakukan bimbingan teknis atau Bimtek perhitungan surat suara dan pembekalan-pembekalan kepada KPPS yang akan dilakukan pada wilayah-wilayah yang sudah dipetakan yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 26-28 Januari 2024,” paparnya.

Lanjut, Deni Airory petugas KPPS yang akan mengikuti Bimtek di KPU Teluk Bintuni ada 4 distrik yaitu petugas KPPS distrik Bintuni, Manimeri serta distrik terjauh yaitu distrik Moskona Timur dan distrik Moskona Utara.

Sedangkan petugas KPPS yang akan dilantik oleh PPS pada wilayah-wilayah yang sudah dipetakan itu didampingi petugas dari KPU dan PPD.

Sehingga dengan adanya Bimtek ini maka petugas KPPS pada hari H pencoblosan atau pemilihan mereka sudah paham dan bisa melaksanakan pekerjaannya dengan lancar,” tutu Airory.

Pada kesempatan itu Deni Airory juga menjelaskan bahwa kendala terbesar penyelenggara Pemilu adalah pada jaringan internet.

“Sehingga kami berharap pada hari H pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 Dinas Kominfo Teluk Bintuni bisa bekerja sama dengan KPU untuk menstabilkan jaringan internet.

Karena dari 7 petugas KPPS itu ada 2 orang yang akan bertugas menggunakan akun sirekap yaitu akun untuk memfoto dan merekam hasil perhitungan suara dan langsung diapload atau dikirim ke server KPU.

Dengan menggunakan akun sirekap ini suara yang telah dihitung itu akan terpantau di setiap TPS dan dapat diketahui langsung bahwa partai ini perolehan suara sekian dan Caleg ini suara sekian akan langsung terbaca.

Sehingga kami berharap pada hari H pencoblosan Dinas Kominfo dengan KPU bisa bekerja sama menstabilkan semua jariangan yang ada di kabupaten Teluk Bintuni.

Harapan kami bagi petugas KPPS yang telah direkrut dan nantinya setelah dilantik agar bersungguh-sungguh menjaga integritas diri sebagai penyelenggara.

Sehingga tidak boleh ada intervensi, tekanan tetapi bekerja menjaga dan mengedepankan integritas serta meninggalkan kepentingan pribadi atau golongan demi suksesnya Pemilu serentak 2024,” pungkas Airory. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *