MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Telbin Mulai Digelar 26 Maret 2022

Ketua Harian LPTQ Kabupaten Teluk Bintuni Idris Rimosan. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 0

BINTUNI, InspirasiPapua.id– Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni mulai digelar pada tanggal 26 Maret 2022 di Sara Ibu Kota Distrik Kaitaro Kabupaten Teluk Bintuni.

MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten itu akan dilaksanakan kurang lebih 5 hari yaitu dari tanggal 26-30 Maret 2022 dan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT.

“Meski dengan segala keterbatasan yang ada MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni tidak bisa ditunda lagi dan harus tetap dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2022.

InsyaAllah panitia secara keseluruhan sudah siap meski masih ada plus minus di lapangan dan itu merupakan hal yang wajar.

Yang jelas mulai tanggal 26 Maret 2022 ini MTQ akan dilaksanakan di distrik Kaitaro. Dan itu tidak bisa dimundurkan lagi karena kalau mundur pelaksanaanya maka akan terbentur dengan pendaftaran MTQ Tingkat Provinsi Papua Barat yang akan dibuka  pada tanggal 5 atau 7 April 2022 mendatang,” ungkap Ketua Harian LPTQ Kabupaten Teluk Bintuni Idris Rimosan kepada wartawan, Senin (21/03/2022) saat dikonfirmasi di Bintuni.

Ketua Harian LPTQ Kabupaten Teluk Bintuni juga mengatakan bahwa InsyaAllah kesiapan panitia sudah siap untuk melaksanakan MTQ Tingkat Kabupaten.

“Soal anggaran kita masih lobi ke Bupati tetapi kita punya tekad yang kuat untuk tetap melaksanakan MTQ Ke-IX di distrik Kaitaro. Dengan kemampuan kita yang ada kita jalan. Dimana Kepala Distrik dan Panitia Lokal MTQ di distrik Kaitaro bersama masyarakat kampung Sara  distrik Kaitaro sudah bekerja dan siap mensukseskan MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten di distrik mereka,” terang Rimosan.

Idris Rimosan juga memaparkan bahwa saat ini Peserta atau Kafilah yang sudah terdaftar di LPTQ Teluk Bintuni untuk mengikuti MTQ Ke-IX di Kaitaro yaitu sebanyak 570 orang yang berasal dari 13 distrik karena sampai sekarang ada 3 distrik yang belum mendaftarkan diri yaitu Kafilah distrik Yakora, Tuhiba dan Meyado.

“Dimana biasanya peserta MTQ Tingkat Kabupaten ada 16 distrik tetapi tahun ini hanya 13 distrik yang memastikan pesertanya sudah terdaftar di LPTQ dan peserta terbesar dari kafilah distrik Tomu yaitu sebanyak 61 orang.

Apabila nanti di Sara Kaitaro tempat penginapan terbatas maka kita akan siasati dengan membagi kelompok-kelompok tempat tinggal yang terbagi di 3 lokasi sekolah yaitu di gedung SD, SMP dan SMA Kaitaro. Dimana penginapan bagi peserta perempuan dan laki-laki akan dibuat terpisah atau sendiri-sendiri.

Kalau secara keseluruhan tempat lomba dan penginapan semua sudah siap. Dewan juri nanti pada hari Jumat tanggal 25 Maret 2022 bersama dengan LPTQ dan Kafilah distrik Bintuni, Bintuni Timur  dan Manimeri akan berangkat ke distrik Kaitaro dengan KM Getsemani.

Dewan Juri semuanya dari Bintuni dan mereka semua sudah mengikuti pembekalan dewan Juri minggu lalu,” terang Rimosan.

Rimosan juga memaparkan bahwa Panggung Utama MTQ sudah siap, panggung kehormatan dan tamu juga sudah siap.

“Karena lokasi MTQ ini di tempat yang baru maka pasti ada kurang dan lebihnya tetapi InsyaAllah kita bertekad MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten ini harus jalan dan sukses.

Sebab ini agenda pemerintah, agenda keagamaan dan satu hal yang kita syukuri yaitu dari 9 kali kita melaksanakan MTQ Tingkat Kabupaten yaitu ada 8 (delapan) kali dilaksanakan di basis penduduk beraama Islam.

Namun untuk MTQ Ke-9 kali ini kita laksanakan di basis lingkungan saudara-saudara kita yang beragama Nasrani. Dimana mereka sangat mendukung penuh pelaksanaan MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten ini.

Dimana kita sangat apresiasi atas dukungan yang mereka berikan,” tutur Ketua Harian LPTQ Teluk Bintuni itu.

Pantauan media ini bahwa peserta dari 13 distrik yang sudah memastikan akan ikut berlomba dalam ajang MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni tersebut terdiri dari Distrik Kamundan, Weriagar, Tomu, Aranday, Tembuni, Bintuni, Bintuni Timur, Manimeri, Babo, Sumuri, Aroba serta tuan rumah distrik Kaitaro.

Dalam pelaksanaan MTQ Ke-IX ini akan Dibuka secara resmi oleh Bupati Teluk Bintuni dan juga akan dihadiri Wakil Bupati dan Forkopimda. Mess Penginapan untuk Bupati dan Wakil Bupati serta Forkopimda sudah disiapkan panitia.

Dalam pelaksanaan MTQ Ke-IX tersebut panitia juga akan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan covid-19. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *