Distrik Tembuni Sudah Kembali Normal, BPBD Bintuni Turun Serahkan Bantuan Sembako 250 Paket

Kepala BPBD Bintuni Benoni Tiri saat menyerahkan bantuan Sembako kepada warga distrik Tembuni yang dilanda banjir secara simbolis. diterima Sekdis Mesak Ibori.IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 4

BINTUNI, InspirasiPapua.idBanjir yang melanda beberapa kampung di distrik Tembuni selama sehari yang terjadi pada hari Rabu (13/07/2022) dari pukul 09.00 hingga 16.00 Wit yang disebabkan hujan deras yang turun di hulu sungai Wasian dan Banjir besar tersebut mulai surut perlahan-lahan mulai pukul 16.00 Wit keatas.
Nampak staf BPBD dan Basarnas serta TNI saat mengangkut paket Sembako ke truk untuk dibawa ke distrik Tembuni. IP-IST
Banjir yang terjadi di distrik Tembuni itu merupakan banjir tahunan dimana tahun 2022 ini adalah banjir yang terbesar yang merendam empat kampung yang ada di distrik tersebut yaitu kampung Bangun Harjo, Bangun Mulyo serta kampung Mogoi Baru dan kampung Susur dengan ketinggian air  satu hingga dua meter.
“Namun pada hari Kamis (14/07/2022) nampak air sudah turun atau surut sehingga warga masyarakat kampung yang dilanda banjir di distrik Tembuni terlihat sudah kembali kerumah masing-masing dan beraktifitas seperti biasa yaitu membersihkan rumah atau tempat tinggal mereka.
Nampak Kepala BPD Kabupaten Teluk Bintuni Benoni Tiri saat turun ke lokasi banjir di tembuni. IP-IST
Kami sudah turun bersama TNI, Brimob serta Basarnas untuk menyerahkan bantuan Sembako sebanyak 250 paket kepada warga masyarakat distrik Tembuni yang dilanda musibah banjir untuk meringankan beban mereka.
Dimana sebelumnya kami juga telah memberikan bantuan mendesak yaitu nasi bungkus sebanyak 250 bungkus kepada warga distrik Tembuni yang dilanda banjir karena menjadi kebutuhan mendesak bagi warga pada saat banjir terjadi.
Kepala BPBD Teluk Bintuni Benoni Tiri saat berfose bersama TNI, Brimob dan Basarnas serta staf BPBD dan warga masyarakat yang terkena Banjir di distrik Tembun.IP-IST
Dan pada saat itu warga masyarakat butuh makan tidak bisa memasak karena peralatan masak seperti kuali, panci serta kompor mereka habis terbawa banjir.
Sedangkan tungku-tungku warga juga tidak bisa mereka gunakan karena terendam banjir,” ungkap Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Teluk Bintuni Benoni Tiri, SH, Kamis (14/07/2022) malam kepada media ini di Bintuni,
Usai dirinya menyerahkan paket Sembako dan melihat dari dekat situasi dan kondisi warga distrik Tembuni Pasca banjir khususnya warga kampung-kampung yang terkena banjir seperti kampung Mogoi Baru, Bangun Harjo, Bangun Mulya dan  Susur.
Kepala BPBD Bintuni Benoni Tiri dan Sekdis Tembuni Mesak Ibori saat berfose bersama TNI, Brimob dan Basarnas serta staf BPBD Bintuni.IP-IST
Kepala BPBD Bintuni itu juga menjelaskan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan OPD teknis seperti Dinas PUPR Bintuni untuk merencanakan melihat lokasi alur sungai penyebab banjir. Mungkin pihak OPD teknis itu bisa melakukan perencanaan normalisasi sungai yang ada didekat penukiman warga karena banjir itu menurut warga setiap tahun terjadi.
“Selain itu kami juga telah melakukan pertemuan dengan Kepala BPBD Provinsi Papua Barat Derek Ampnir secara virtual dengan kabupaten lainnya yang juga dilanda banjir besar tahun ini yaitu kabupaten Fakfak dan Tambrauw.
Kepala BPBD Provinsi Papua Barat Derek Ampnir rencananya akan datang mengunjungi lokasi banjir di distrik Tembuni pada hari Sabtu (16/07/2022).
Dimana pihak BPBD Papua Barat sudah meminta data dari kami terkait jumlah kepala keluarga dari warga yang menjadi korban banjir serta tempat tinggal mereka seperti apa dan lainnya,” pungkasnya.
Kepala BPBD Kabupaten Teluk Bintuni secara simbolis menyerahkan bantuan Sembako kepada warga distrik Tembuni yang dilanda banjir yang diterima oleh Sekretaris Distrik Tembuni Mesak Ibori.
Penyerahan paket Sembako kepada warga yang dilanda banjir di distrik Tembuni disaksikan langsung oleh Sertu Wilson dari Koramil 1806-01 Bintuni, Ipda Edi Purnomo dari Brimob Bintuni, Christian Manutune dari Basarnas Bintuni serta Ketua DPC KP2IT Bintuni Usman HB. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *