Lima Putra Terbaik Toraja Maju Calon Ketua IKT, Ferdinand Mangalik Sah Terpilih Nahkodai IKT Teluk Bintuni

Ribuan warga IKT Teluk Bintuni datangi rumah Tongkonan untuk memilih Ketua Umum IKT Bintuni Periode 2023-2028.IP-IST
Bagikan berita ini

Views: 168

Lima Putra Terbaik Toraja Maju Calon Ketua IKT, Ferdinand Mangalik Sah Terpilih Nahkodai IKT Teluk Bintuni

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Sebanyak 5 orang warga Ikatan Kerukunan Toraja (IKT) terbaik berhasil terjaring masyarakat IKT, Sabtu (25/03/2023) untuk maju dalam bursa pemilihan Ketua Umum IKT Teluk Bintuni, Minggu (26/03/2023 yang dilaksanakan di Rumah Tongkonan Toraja di kampung Awarepi Kabupaten Teluk Bintuni dengan mekanisme pemilihan langsung satu orang satu suara (one men one vote) dari 1.000 lebih warga masyarakat Toraja yang datang menyalurkan suaranya pada acara pemilihan Calon Ketua Umum IKT Teluk Bintuni Periode 2023-2028.

Nampak para Calon Ketua Umum IKT Teluk Bintuni menandatangani Fakta Integritas dan Taat pada AD-ART.IP-IST

Drg. Ferdinand Mangalik akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum IKT Periode 2023-2028 setelah mengungguli keempat saudara-saudara se IKT lainnya yang juga dicalonkan dalam bursa pemilihan  Ketua Umum IKT Teluk Bintuni Tahun 2023.

Sebelumnya Ketua Panitia Musda Ke-III Ikatan Keluarga Toraja Kabupaten Teluk Bintuni (IKT TB) Agustinus Rema didampingi Sekretaris Panitia Fransiskus Sugianto, Sabtu (25/03/2023) di sela-sela penjaringan Ketua IKT Teluk Bintuni kepada wartawan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa Musda Ke-III IKT dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari pertama Sabtu (25/03/2023) peserta Musda Ke-III IKT membahas soal tata tertib dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Mekanisme Pencalonan Ketua IKT Teluk Bintuni Periode 2023-2028.

Sementara pemihan langsung Calon Ketua Umum IKT Teluk Bintuni dilaksanakan pada hari Minggu (26/03/2023) yaitu pada pukul 13.00 Wit atau jam 01 siang hingga selesai. Pemilihan ketua umum IKT Teluk Bintuni itu disebut Pemilihan Raya.

Nampak pihak keamanan jaga ketertiban warga saat pemilihan Ketua Umum IKT Teluk Bintuni.IP-IST

Rema mengatakan bahwa pada hari Sabtu (25/03/2023) panitia melaksanakan penjaringan bakal calon ketua umum yang nantinya dipilih pada pemilihan raya.

“Adapun Bakal Calon Ketua yang terjaring itu ada 5 orang yaitu drg. Ferdindand Mangalik, Itti Mangiri, Markus Gasirarie, Mesak Pasalli, serta Dantopan Sarungallo.

Sedangkan Ketua Lama sudah tidak mencalonkan diri karena sudah pindah tugas sebagai Kepala Dinas Pendidikan di Toraja Utara.

Nampak Warga IKT Teluk Bintuni menyalurkan hak suaranya dibilik atau kotak suara.IP-IST

Bakal Calon merupakan pilihan masyarakat IKT semuanya berasal dari pengurus lama atau periode lalu IKT yaitu Itti Mangiri Wakil Ketua II, Ferdinand Mangalik adalah Wakil Ketua I dan Dantopan Sarunggallo sekretaris umum, Mesak  Pasalli adalah penasehat serta Markus Gasirarie juga adalah penasehat IKT Teluk Bintuni.

Adapun mekanisme pemihan itu dilakukan secara langsung oleh seluruh masyarakat Toraja yang ada di kabupaten Teluk Bintuni yang hadir di lokasi Tongkonan ini.

Sehingga kita berharap seluruh masyarakat Toraja yang ada di daerah ini agar hadir di Lokasi Tongkonan untuk memberikan hak suaranya tanpa kecuali,” sebut Rema.

Nampak para kandidat Ketua IKT Teluk Bintuni mengikuti jalannya pemilihan atau pencoblosan di tempat pencoblosan.IP-IST

Agustinus Rema juga mengatakan bahwa jumlah data IKT Teluk Bintuni sampai saat ini sudah ada 2.000 (dua ribu) dimana masyarakat Toraja yang datang memilih kita daftar terlebih dahulu. Dan yang bisa menyalurkan suaranya adalah mereka yang berumur sudah di atas 17 tahun.

Dalam pemilihan ketua kali ini saya yakin tidak ada pendobolan dalam menyalurkan suaranya karena orang Toraja memiliki rasa malu yang tinggi. Disamping itu orang Toraja yang ada di daerah ini sudah saling mengenal dan kalau ada yang sudah masuk di bilik memilih pasti kita sudah tahu kalau orang tersebut sudah memilih. Sehingga saya pastikan pemilihan kali ini betul-betul langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil,” tutur Rema.

Sementara itu Wakil Ketua I IKT Periode sebelumnya Ferdinand Mangalik dihadapan warga Toraja Teluk Bintuni dalam sambutannya mengatakan bahwa puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa karena pada hari ini (Minggu, 26/03/2023) seluruh warga Toraja Teluk Bintuni berkumpul di Rumah Tongkonan ini dalam rangka untuk pemilihan Ketua Umum IKT Teluk Bintuni.

Nampak Panitia Pemilihan Ketua IKT Bintuni sedang melakukan penghitungan suara.IP-IST

“Saya sangat memberikan apresiasi kepada Warga IKT Teluk Bintuni yang hadir untuk menyalurkan aspirasinya pada pemilihan Ketua Umum IKT Teluk Bintuni ini.

Ini menunjukkan kita kompak dan bersatu. Oleh karena itu saya mau sampaikan sebagai salah satu Calon Ketua IKT Teluk Bintuni siap untuk menandatangani Fakta Integritas dan taat pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

Dan pada kesempatan ini saya juga berterima kasih karena dengan kehadiran kita semua menunjukkan bahwa kita sudah pandai dalam memilih siapa pemimpin yang terbaik bagi kita  semua.

Nampak petugas sedang menuliskan perolehan suara yang diperoleh para kandidat Calon Ketua IKT Bintuni.IP-IST

Ferdinand juga mengatakan bahwa dirinya sangat yakin pilihan dari warga IKT adalah pilihan terbaik. Dan saya pastikan warga IKT akan menggunakan hati nuraninya dalam memilih pemimpin yang terbaik.

Siapapun yang nantinya dari kami berlima terpilih sebagai Ketua Umum IKT Teluk Bintuni Periode 2023-2028 maka kami akan pastikan bahwa kita akan menjalankan amanah atau kepercayaan yang diberikan warga IKT Teluk Bintuni secara bertanggung jawab,” paparnya.

Pantauan media ini kelima Calon Ketua Umum IKT tersebut kemudian menandatangani Fakta Integritas  dan taat pada AD/ART.

Pemilihan Ketua Umum IKT Teluk Bintuni Periode 2023-2028 yang mulai berlangsung dari pukul 13.00 Wit hingga pukul 18.30 Wit petang itu akhirnya Ferdinand Mangalik sah terpilih sebagai Ketua IKT Teluk Bintuni  setelah dirinya mendapatkan dukungan suara dari warga IKT Teluk Bintuni dengan mangantongi 438 suara, kemudian disusul calon lainnya yaitu suara terbanyak kedua Itti Mangiri 325 suara, suara terbanyak ketiga Markus Gasirarie sebanyak 291 suara dan suara terbanyak keempat Dantopan Sarungallo 278 suara serta suara terbanyak kelima Mesak Pasalli 77 suara. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *