Pengurus DPD Dan DPC KP2IT Se Papua Barat Dilantik, Akan Berperan Aktif Percepat Pembangunan Di Papua Dan PB

Bagikan berita ini

Views: 189

Pengurus DPD Dan DPC KP2IT Se Papua Barat Dilantik, Akan Berperan Aktif Percepat Pembangunan Di Papua Dan PB

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Komite Pemuda Pembangunan Indonesia Timur (KP2IT) Se Provinsi Papua Barat, Rabu (18/01/2022) yang dipimpin Pilatus Lagoan, S.Hut dilantik oleh Presiden KP2IT Ir. Petrus Kasihiw, MT berlangsung di Aula Hotel Oriestom Bay Manokwari.

Pengurus DPD dan DPC KP2IT se Papua Barat yang baru saja dilantik tersebut diharapkan dapat berperan aktif percepat pembangunan di Papua dan Papua Barat.

“Indonesia memiliki dua zona wilayah strategis yang membentang luas yaitu Kawasan Timur Indonesia (KP2IT) dan Kawasan Barat Indonesia (KBI).

Melalui Pemerintah Pusat (Pempus), program pembangunan komprehensif dan terpadu, memegang peranan yang vital dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terkait hal tersebut maka perlu adanya keterpaduan dan sinkronisasi antar wilayah dan kawasan,” ungkap Presiden KP2IT Ir. Petrus Kasihiw, MT dalam sambutannya ketika dirinya melantik segenap Pengurus DPD KP2IT Papua Barat.

Presiden KP2IT itu juga mengatakan bahwa pemerintah harus memiliki perhatian yang besar kepada Kawasan Timur Indonesia terutama di daerah Papua dan Papua Barat.

“Tentunya hal tersebut sesuai dengan yang dimanahkan pemerintah yang tertuang dalam intruksi presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Indonesia Timur berjalan tidak berimbang.

Ini berarti kehadiran KP2IT untuk menyelamatkan hak-hak kepentingan masyarakat agar akses pembangunan rakyat itu dapat terbagi secara adil.

Berangkat dari beragam kasus di atas, saya mendorong KP2IT agar terus berjuang dan membela keadilan.

Terkait hal itu maka saya juga mendorong semua DPD se Papua Barat agar eksis, survive dan padat gagasan dan terus menciptakan ide dalam kerangka mengawal pembangunan Indonesia Timur umumnya dan ikut memajukan provinsi Papua Barat secara khusus,” harap Kasihiw.

Presiden KP2IT yang kesehariannya juga adalah Bupati Teluk Bintuni itu menegaskan bahwa Pengurus KP2IT harus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mensukseskan program pemerintah.

“Serta bersama TNI Polri menciptakan keamanan warga Papua yang kondusif serta berkolaborasi dengan stakeholder lainnya dalam membangun Papua Barat yang berkesinambungan.

Memasuki pesta politik lima tahunan, yakni Pilkada Gubernur maupun Pemilu 2024 mendatang, KP2IT akan tetap berperan aktif serta eksis mensukseskan Pemilu 2024 yang demokratis untuk memperjuangkan percepatan pembangunan kesejahteraan di provinsi Papua dan Papua Barat.

Untuk itu, potensi pembangunan dan infrastruktur di wilayah Papua Barat perlu didorong agar tercipta keseimbangan pembangunan antar wilayah.

Siapa yang harus mendorongnya, ada stakeholder, badan swasta maupun organisasi massa pusat dan daerah,” terang Kasihiw.

Menurut Petrus Kasihiw bahwa KP2IT adalah satu-satunya organisasi nasional yang tengah mengambil alih peran, tugas dan tanggung jawab sosial.

“Berada di garda depan mendorong percepatan pembangunan Kawasan Timur Indonesia dan menjadi lokomotif kemajuan pembangunan Kawasan Timur Indonesia
KP2IT adalah portofolio Indonesia Timur.

Pusatnya peradaban pembangunan yang berusaha memperjuangkan aspirasi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan mendorong percepatan ekonomi dan pembangunan Kawasan Timur.

KP2IT lahir dan mengakar diseantero Indonesia. Berdiri diatas 16 wilayah provinsi se Indonesia Timur dan ribuan daerah kabupaten/kota.

KP2IT menjadi satu-satunya organisasi yang memperjuangkan pembangunan kawasan timur Indonesia. Kekuatan KP2IT ada di Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Barat dan Timur, Mal-Malut, serta Papua dan Papua Barat.

Menyebar ide dan gagasan ketika akses pembangunan sektor KP2IT akan mendorong pemimpin yang jujur serta amanah dan bertanggung jawab agar supaya tercipta pemimpin leadership yang pro terhadap kepentingan masyarakat,” ujar Kasihiw.

Presiden KP2IT yang memiliki visi jauh kedepan tentang Kawasan Indonesia Timur itu juga mengatakan bahwa KP2IT juga siap melakukan distribusi kader melalui Pemilu 2024.

Serta mendorong kader-kader terbaik dan kompetensi dalam perebutan kekuasaan. Sehingga visi misi organisasi KP2IT dapat menyebar dan terealisasi demi sama-sama memajukan Indonesia Timur yang berdaulat dan Papua Barat yang berkemajuan,” pungkas Kasihiw.

Ditempat yang sama Ketua DPD KP2IT Papua Barat Pilatus Lagoan, S.Hut dalam sambutannya setelah dilantik mengatakan bahwa program awal yang akan dilaksanakan adalah konsolidasi organisasi.

“Yaitu untuk memperkenalkan kepada masyarakat apa itu KP2IT serta tujuannya kehadirannya apa saja,” sebut Pilatus.

Hadir dalam acara pelantikan Pengurus DPD KP2IT diantaranya Forkopimda Papua Barat dan Forkopimda Kabupaten Manokwari, Ketua DPD KNPI Papua Barat bersama para pimpinan OKP.

Setelah Pelantikan Pengurus DPD KP2IT Papua Barat itu juga dilanjutkan dengan Dialog Nasional yang bertemakan

“Meneropong Iklim Politik Papua Barat 2023 dalam menghadapi Tahun Politik 2024 dengan menghadirkan pembicara utama Presiden KP2IT Ir. Petrus Kasihiw, MT serta nara sumber lainnya yaitu Ketua KPU Papua Barat, Ketua Bawaslu, Anggota DPR Papua Barat Syamsudin Seknun, Polda Papua Barat, akademisi serta beberapa pimpinan organisasi pemuda di Papua Barat. [amr-IP]

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *