Tahun 2023 Ini, Dinas Kominfo Bintuni Mulai Bangun Jaringan Telekomunikasi Tower BTS Di Wilayah Moskona

Para tenaga teknis lapangan yang didatangkan dari luar akan kembali mensurvei dan membangun jaringan layanan Telekomunikasi Tower BTS di wilayah Moskona.IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 78

Tahun 2023 Ini, Dinas Kominfo Bintuni Mulai Bangun Jaringan Telekomunikasi Tower BTS Di Wilayah Moskona

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Pada tahun 2023 ini Bidang Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo Kabupaten Teluk Bintuni sementara melakukan survei dan pembangunan Tower BTS.

Para tenaga lapangan yang sudah bekerja membangun jaringan layanan telekomunikasi Tower BTS di Teluk Bintuni.IP-IST

Pembangunan layanan jaringan telekomunikasi tower BTS setinggi 32 meter untuk daerah terluar terjauh dan terdepan (3T)  tahun ini akan difokuskan di wilayah Moskona dan sekitarnya.

Yaitu di wilayah Moskona Barat, Moskona Timur, Moskona Utara dan Moskona Utara Jauh dan lainnya.

Pembangunan layanan jaringan Telekomunikasi Tower BTS 3 T baik di desa maupun kota layanan tetap sama dengan menggunakan teknologi 4G yang didalamnya sudah include teknologi 5G dengan perangkat semuanya terbaru.

“Tertundanya pembangunan jaringan telekomunikasi tower BTS di wilayah distrik Moskona Barat, Moskona Timur, Moskona Utara dan Moskona Utara Jauh dan lainnya disebabkan kondisi yang terjadi di tahun 2019-2022 itu efeknya sangat mempengaruhi pembangunan jaringan layanan Telekomunikasi Tower BTS.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo Persandian dan Statistika Kabupaten Teluk Bintuni Daud FX Pattiwael. IP-IST

Dimana terjadi pandemic covid-19 sejak tahun 2019 hingga 2022 ditambah lagi tragedi berdarah yaitu pembantaian terhadap pekerja jalan Trans Teluk Bintuni ke Maybrat khususnya di daerah Moskona Barat.

Sehingga kami waktu itu memperhitungkan keamanan dari bagian lapangan menyebabkan mereka kami harus evakuasi  kembali ke Bintuni dan selanjutnya kita kembalikan mereka ke Jakarta,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistika Kabupaten Teluk Bintuni melalui Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Daud FX Pattiwael, Senin (17/04/2023) kepada media ini ketika dikonfirmasi di Bintuni.

Lanjut Pattiwael bahwa baru pada tahun 2023 ini tim bagian lapangan akan segera Kembali melaksanakan pembangunan sisa tower BTS yang belum dibangun.

“Maka kami menyampaikan kepada masyarakat yang ada di wilayah Moskona baik di Moskona Barat, Masyeta, Moskona Timur,  Moskona Utara dan Moskona Utara Jauh dan lainnya bahwa kami akan jangkau dan selesaikan semua pembangunan Tower BTS yang tersisa tersebut tahun ini,” papar Pattiwael.

Nampak peralatan teknis Tower BTS yang terpasang semuanya menggunakan pengukuran yang mnembutuhkan tenaga ahli.IP-IST

Daud Pattiwael juga berharap agar masyarakat dapat bersabar dan tidak perlu kuatir karena kami akan tetap memberikan pelayanan sampai di tempat masyarakat.

“Sehingga layanan jaringan telekomunikasi itu bisa selesai secara nasional maupun daerah pada tahun 2023 terkhusus pembangunan jaringan layanan Telekomunikasi Tower BTS untuk Bintuni.

“Khusus tim bagian lapangan yang akan bergerak untuk pembangunan jaringan tower BTS ini akan sampai pada pada titik-titik tempat pembangunan Tower BTS dan akan masuk menggunakan Hellicopter.

Bersama perangkat-perangkat jaringan layanan komunikasi pada titik-titik koordinat tujuan. Jadi masyarakat tidak perlu kuatir karena jaringan tower BTS yang masih baru nantinya akan langsung dibangun di tempat mereka.

Terkait hal tersebut kami memohon dukungan kepada masyarakat agar memberikan tanah hibah untuk lokasi pe,mbangunan telekomunikasi Tower BTS.

Dimana kami minta tolong kepada masyarakat agar menjaga lokasi tersebut dengan baik dan tim lapangan yang nantinya akan turun ke wilayan Moskona jangan diganggu agar mereka bisa bekerja dengan baik.

Saat ini kita akan selesaikan administrasi terlebih dahulu setelah itu baru kita akan evaluasi situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.

Sekaligus kita akan mengecek langsung ke lapangan. Semoga selesai Lebaran Idul Fitri ini dokumen-dokumen sebagai persayaratan sudah bisa selesai karena berhubungan dengan permasalahan hukum.

Dimana hal tersebut sangat diantisipasi oleh pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dan mereka telah melakukan komunikasi  dengan kami di daerah yaitu dengan Dinas Kominfo dalam hal ini saya sebagai Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo Kabupaten Teluk Bintuni.

Bahwa dalam pembangunan layanan jaringan Tower BTS sisa itu kita akan saling berkoordinasi di lapangan jangan sampai ada pendobolon pembangunan jaringan Telekomunikasi Tower BTS. Dan kalau ada perangkat kami yang lama di situ akan dipercepat,” terang Daud.

Daud Pattiwael juga menambahkan khusus untuk layanan jaringan Tower BTS untuk pendidikan, pemerintahan dan keamanan itu juga akan kita lihat lagi.

“Dimana kami sudah mengajukan permintaan pada tahun 2022 dan kita sudah bangun khusus di sekolah dasar di Moskona Utara dan Moskona Utara Jauh.

Sehingga kami sampaikan kepada masyarakat agar tetap bersabar karena situasi dan kondisi  dimana kita harus mengikuti aturan membawa tim lapangan dari luar yang akan mengerjakan layanan jariangan tekekomunikasi Tower BTS.

Maka otomatis kita harus melihat situasi dan kondisi di daerah ini terlebih dahulu karena itu sangat berpengaruh pada mereka dan juga ikut mempengaruhi pembangunan jaringan Tower BTS tersebut.

Sesuai informasi yang kanmi peroleh bahwa dalam waktu dekat rencananya satelit yang akan diterbitkan dari USA milik Kementrian Kominfo yaitu Satria Muda akan diorbitkan.

Maka otomatis perangkat-perangkat dari tower-tower BTS khususnya yang ada di kabupaten Teluk Bintuni dan  Indonesia keseluruhan bisa diangkat benwitsnya sehingga jaringan yang telah dibangun bisa memenuhi target yang diharapkan,” pungkas Pattiwael. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *