Wabup Minta Umat Muslim Bintuni Jadikan Tahun Baru Islam Momentum Jaga Toleransi Beragama

3. Jalan santai juga diikuti anak sekolah dari tingkat TK hingga SMA dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H-2022 yang digelar PHBI Bintuni. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 1

BINTUNI, InspirasiPapua.id Umat muslim Bintuni peringati Tahun Baru Islam 01 Muharram 1444 Hijriah dengan jalan santai dan bagi-bagi hadiah atau doorprice.
“Meski peringatan tahun baru Islam 1444 di Bintuni kita laksanakan sederhana namun saya minta kepada umat muslim agar momentum Tahun Baru Islam terus menjaga ukhuwah atau persaudaraan dengan umat-umat beragama lainnya yaitu dengan cara menjaga toleransi antar umat beragama yang ada di Teluk Bintuni.
Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop didampingi Ketua PHBI H. Muh. Salim N. IP-IST
Karena dari dulu Teluk Bintuni ini dikenal sebagai agama keluarga ini harus terus kita pelihara sehingga toleransi umat beragama yang ada di kabupaten ini terjaga dengan baik.
Kenapa toleransi beragama ini harus kita jaga sebab kehadiran kabupaten Teluk Bintuni bukan hadiah tetapi perjuangan dari orang-orang tua kita terdahulu yaitu para tokoh-tokoh pemekaran kabupaten Teluk Bintuni.
Sehingga keluruhan yang sudah ditanamkan oleh pendiri kabupaten ini harus kita jaga bersama jangan kita ciderai,” ungkap Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH, Sabtu (30/07/2022).
Pada saat dirinya diwawancarai wartawan usai melepas jalan santai dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 01 Muharram 1444 H Tahun 2022 dengan mengambil star dari Tuasay dan finish di Masjid Baitul Amin SP-4 Banjar Ausoy distrik Manimeri.
Matret Kokop juga mengatakan bahwa  dirinya sudah menghimbau kepada masjid-masjid yang ada di Teluk Buntuni agar menjadikan Tahun Baru Islam ini sebagai ajang mengintropeksi diri.
“Hal-hal yang buruk atau tidak baik mari kita jauhi atau tinggalkan dan hal-hal yang baik kita terus tingkatkan atau sempurnakan dengan terus menjaga ukhuwah dengan umat beragama lainnya dengan saling menghargai satu sama lain.
PHBI Bintuni gelar Jalan santai dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H-Tahun 2022 start Tuasai dan finish di Masjid Baitul Amin SP-4.IP-IST
Sebab di Teluk Bintuni ini dikenal dengan agama keluarga dari sejak dulu.
Sehingga apa yang menjadi harapan semua masyarakat di Teluk Bintuni ini yaitu kerukunan antar umat beragama terus terjaga,” ujar Wabup Bintuni.
Tempat yang sama, Ketua Peringatan Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Teluk Bintuni H. Muhammad Salim N ketika dikonfirmasi terkait peringatan Tahun Baru Islam tahun 2022 mengatakan bahwa peringatan Tahun Baru Islam 01 Muharram 1444 Hijriah Tahun 2022 di Bintuni dirayakan secara sederhana dengan menggelar  jalan santai dari Tuasai SP-5 hingga finish di Majid Baitul Amin SP-4 Banjar Ausoy distrik Manimeri.
“Tujuan dari digelarnya jalan santai ini untuk meningkatkan kesehatan serta meningkatkan kebersamaan antara umat muslim di Bintuni.
Adapun peserta jalan santai ini berasal dari anak-anak TK, siswa-siswi SD, SMP hingga SMA serta Majelis-Majelis Ta’lim serta jamaah masjid yang ada di distrik Bintuni dan distrik Manimeri.
Saat finish peserta akan mendapatkan hadiah doorprice yang terdiri dari hadiah utama kulkas, mesin cuci serta hadiah-hadiah lainnya seperti kipas angin dan lainnya yang berasal dari para sponsor atau donatur serta swadaya dari masyarakat muslim Bintuni.
Jalan santai yang diikuti umat muslim Bintuni dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H-Tahun 2022 yang digelar PHBI Bintuni. IP-IST
“Pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada para donatur atau sponsor maupun masyarakat muslim Bintuni,” papar Ketua PHBI Bintuni.
Hadir juga dalam jalan santai itu, para ketua takmir Masjid se distrik Bintuni dan Manimeri, Ketua BKMT Teluk Bintuni Andi rosdiana Tahir serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Teluk Bintuni Drs. H. Haris Tahir. M.Si.
Insformasi yang diterima media ini dibeberapa masjid juga mengadakan berbagai lomba untuk memeriahkan Tahun baru Islam 01 Muharram 1444 Hijariah Tahun 2022.
Salah satunya di Masjid Al Munawarah Bintuni melaksanakan lomba selama dua hari yaitu hari Sabtu dan Minggu (30-31 Juli 2022).
Hadiah doorprice yang disiapkan panitia jalan santai dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam di Bintuni. IP-IST
Adapun lomba yang digelar seperti lomba ceramah agama, pidato agama, adzan, makan kerupuk, lomba hapalan ayat suci Al Qur’an, lomba Tilawahserta lomba wudhu. (01-IP)

 

 

 

 

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *